Tugas 7
Ø Manajemen
pemasaran sering disebut juga sebagai manajemen permintaan
Manajemen
pemasaran mempengaruhi tingkat dan karakter permintaan yang akan membantu
pencapaian tujuan organisasi yang dirancang untuk menciptakan, membangun, dan
mempertahankan pertukaran yang bermanfaat dengan pembeli. Oleh karena itu
manajemen pemasaran sering diebut sebagai manajemen permintaan.
Ø Perbedaan
kebutuhan dan keinginan berdasarkan konsep inti pemasaran
Kebutuhan
adalah dimana manusia merasa tidak memiliki kepuasan dasar. Kebutuhan tidak
diciptakan masyarakat atau pemasar, namun ada dan sudah terukir dalam hayati
kondisi manusia. Keinginan adalah hasrat akan pemuas dari kebutuhan tertentu.
Keinginan manusia dibentuk oleh kekuatan dan institusi sosial, sedangkan permintaan
keinginan sesuatu yang didukung dengan kemampuan serta kesediaan. Keinginan
menjadi permintaan bila didukung dengan daya beli. Pemasaran tidak menciptakan kebutuhan
karena sebelumnya sudah ada. Pemasara mempengaruhi keinginan dan permintaan
dengan membuat suatu produk.
Ø Perbedaan pasar dengan pemasaran
Pasar
Pasar adalah Kelompok individual (perorangan maupun
organisasi) yang mempunyai permintaan terhadap barang tertentu, berdaya beli
dan berminat merealisasikan pembeliannya.
Pemasaran
Pemasaran adalah Kegiatan pemasar untuk menjalankan
bisnis (profit atau nonprofit) guna memenuhi kebutuhan pasar dengan barang dan
atau jasa, menetapkan harga, mendistribusikan, serta mempromosikannya melalui
proses pertukaran agar memuaskan konsumen dan mencapai tujuan perusahaan.
Ø Sebutkan dan jelaskan yang dimaksud Bauran Pemasaran (
Marketing Mix)
Bauran pemasaran merupakan seperangkat alat pemasaran yang digunakan perusahaan untuk mencapai tujuan pemasaran dalam memenuhi target pasarnya.
Bauran pemasaran memiliki empat variabel yang dikenal
dengan istilah “4 P” (product, price, promotion, and place) yang saling
berkaitan satu sama lain. penjelasan mengenai variabel-variabel bauran
pemasaran adalah sebagai berikut:
1) Produk (product)
Produk adalah segala sesuatu yang dapat ditawarkan
kepada pasar untuk diperhatikan, diperoleh digunakan atau dikonsumsi sehingga
dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen.
2) Harga (price)
Harga merupakan jumlah uang yang harus dibayarkan oleh
konsumen untuk mendapatkan suatu produk. Harga diukur dengan nilai yang
dirasakan dari produk yang ditawarkan jika tidak maka konsumen akan membeli
produk lain dengan kualitas yang sama dari penjualan saingannya. Harga adalah
satu-satunya alat bauran pemasaran yang digunakan perusahaan untuk mencapai
sasaran pemasarannya. Keputusan harga harus dikoordinasikan dengan rancangan
produk, distribusi dan promosi yang membentuk program pemasaran yang konsisten
dan efektif.
3) Tempat (place)
Tempat termasuk aktivitas perusahaan untuk membuat
produk tersedia bagi konsumen sasaran. Keputusan mengenai tempat sangat penting
agar konsumen dapat memperoleh produk yang dibutuhkan tepat pada saat
dibutuhkan.
4) Promosi (promotion)
Promosi merupakan kegiatan yang dilakukan oleh
perusahaan untuk mengkomunikasikan manfaat dari produk atau jasa dan meyakinkan
konsumen sasaran tentang produk yang mereka hasilkan.
Komentar
Posting Komentar