Tugas 7

Ø Manajemen pemasaran sering disebut juga sebagai manajemen permintaan
Manajemen pemasaran mempengaruhi tingkat dan karakter permintaan yang akan membantu pencapaian tujuan organisasi yang dirancang untuk menciptakan, membangun, dan mempertahankan pertukaran yang bermanfaat dengan pembeli. Oleh karena itu manajemen pemasaran sering diebut sebagai manajemen permintaan.
Ø Perbedaan kebutuhan dan keinginan berdasarkan konsep inti pemasaran
Kebutuhan adalah dimana manusia merasa tidak memiliki kepuasan dasar. Kebutuhan tidak diciptakan masyarakat atau pemasar, namun ada dan sudah terukir dalam hayati kondisi manusia. Keinginan adalah hasrat akan pemuas dari kebutuhan tertentu. Keinginan manusia dibentuk oleh kekuatan dan institusi sosial, sedangkan permintaan keinginan sesuatu yang didukung dengan kemampuan serta kesediaan. Keinginan menjadi permintaan bila didukung dengan daya beli. Pemasaran tidak menciptakan kebutuhan karena sebelumnya sudah ada. Pemasara mempengaruhi keinginan dan permintaan dengan membuat suatu produk.
Ø Perbedaan pasar dengan pemasaran

Pasar
Pasar adalah Kelompok individual (perorangan maupun organisasi) yang mempunyai permintaan terhadap barang tertentu, berdaya beli dan berminat merealisasikan pembeliannya.

Pemasaran
Pemasaran adalah Kegiatan pemasar untuk menjalankan bisnis (profit atau nonprofit) guna memenuhi kebutuhan pasar dengan barang dan atau jasa, menetapkan harga, mendistribusikan, serta mempromosikannya melalui proses pertukaran agar memuaskan konsumen dan mencapai tujuan perusahaan.

Ø Sebutkan dan jelaskan yang dimaksud Bauran Pemasaran ( Marketing Mix)

Bauran pemasaran merupakan seperangkat alat pemasaran yang digunakan perusahaan untuk mencapai tujuan pemasaran dalam memenuhi target pasarnya.
Bauran pemasaran memiliki empat variabel yang dikenal dengan istilah “4 P” (product, price, promotion, and place) yang saling berkaitan satu sama lain. penjelasan mengenai variabel-variabel bauran pemasaran adalah sebagai berikut:
1) Produk (product)
Produk adalah segala sesuatu yang dapat ditawarkan kepada pasar untuk diperhatikan, diperoleh digunakan atau dikonsumsi sehingga dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen.
2) Harga (price)
Harga merupakan jumlah uang yang harus dibayarkan oleh konsumen untuk mendapatkan suatu produk. Harga diukur dengan nilai yang dirasakan dari produk yang ditawarkan jika tidak maka konsumen akan membeli produk lain dengan kualitas yang sama dari penjualan saingannya. Harga adalah satu-satunya alat bauran pemasaran yang digunakan perusahaan untuk mencapai sasaran pemasarannya. Keputusan harga harus dikoordinasikan dengan rancangan produk, distribusi dan promosi yang membentuk program pemasaran yang konsisten dan efektif.
3) Tempat (place)
Tempat termasuk aktivitas perusahaan untuk membuat produk tersedia bagi konsumen sasaran. Keputusan mengenai tempat sangat penting agar konsumen dapat memperoleh produk yang dibutuhkan tepat pada saat dibutuhkan.
4) Promosi (promotion)
Promosi merupakan kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan untuk mengkomunikasikan manfaat dari produk atau jasa dan meyakinkan konsumen sasaran tentang produk yang mereka hasilkan.





Komentar

Postingan populer dari blog ini

ANALISIS KELEBIHAN DAN KEKURANGAN IKLAN

ETIKA PROFESI AKUNTANSI