BAB VIII PERMODALAN KOPERASI



PERMODALAN KOPERASI
A.       Arti Modal Koperasi
Modal koperasi adalah dana yang digunakan untuk melakukan kegiatan-kegiatan atau usaha-usaha dalam koperasi. Modal tersebut terdiri dari modal sendiri maupun pinjaman anggota atau lembaga. Modal terdiri dari 2 yaitu modal jangka panjang (Fasilitas Fisik) dan modal jangka pendek (Kegiatan Operasional).

B.        Sumber Modal
Modal Dasar
Tujuannya adalah untuk mengakumulasikan potensi keuangan para pendiri dan anggotanya meskipun pada awalnya berjumlah kecil tetapi tetap ada.

Modal Sendiri
1.         Simpanan pokok
Sejumlah uang yang wajib disetorkan kedalam kas koperasi pada saat masuk menjadi anggota.
2.         Simpanan wajib
Dilakukan oleh semua anggota koperasi dan kebutuhan dana yang hendak dikumpulkan, diarahkan untuk mencapai jumlah tertentu agar dapat menunjang kebutuhan dana yang digunakan menjalankan usaha koperasi.
3.         Dana cadangan
Yang diperoleh dari sebagian hasil usaha yang tidak dibagikan kepada anggotanya. Tujuannya untuk mengumpulkan modal yang digunakan apabila koperasi membutuhkan atau menutup kerugian dalam usaha.
4.         Hibah
Untuk menghindarkan koperasi menjadi tergatung dengan pemberi hibah sehingga dapat mengganggu prinsip-prinsip dan asas koperasi.

Modal Pinjaman
1.         Pinjaman dari Anggota
Dalam simpanan sukarela besar kecil dari nilai yang disimpan tergantung dari kerelaan anggota, koperasi meminjam uang dapat dinilai dengan uang yang berasal dari anggota.
2.         Pinjaman dari Koperasi Lain
Bentuk dan lingkungan kerja sama yang luas atau dalam lingkup yang sempit tetapi tergantung dari kebutuhan modal yang diperlukan

3.         Pinjaman dari Lembaga Keuangan
Untuk mendapat prioritas diberikan kepada koperasi merupakan komitmen pemerintah dari negara-negara yang bersangkutan untuk mengangkat kemampuan ekonomi rakyat khususnya usaha koperasi.
4.         Obligasi dan Surat Utang
Untuk menambah modal koperasi juga dapat menjual obligasi atau surat utang kepada masyarakat investor untuk mencari dana segar dari masyarakat umum diluar anggota koperasi.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

ANALISIS KELEBIHAN DAN KEKURANGAN IKLAN

ETIKA PROFESI AKUNTANSI