Bentuk-Bentuk Perusahaan

Faktor yang menjadi pertimbangan dalam memilih bentuk badan usaha yang akan didirikan
1.      Jenis usaha yang dijalankan (perdangangan, industri, dll)
2.      Ruang lingkup usaha
3.      Pihak-pihak yang terlibat dalam kegiatan usaha
4.      Besarnya resiko kepemilikannya
5.      Batas-batas pertanggungjawaban
6.      Besarnya investasi yang ditanamkan
7.      Cara pembagian keuntungan
8.      Jangka waktu pendirian perusahaan
9.      Peraturan-peraturan pemerintah

Kecenderung merubah bentuk perusahaan perseorangan kebentuk usaha perseroan terbatas (PT)
Banyak orang yang merubah bentuk perusahaan perseorangan menjadi bentuk perusahaan perseroan hal itu disebabkan oleh perusahaan perseorangan adalah usaha yang dimiliki seseorang dan orang tersebut  bertanggung jawab sepenuh atas apa yang terjadi dan kegiatan di dalam perusahaan  tersebut. Perusahaan perseorangan memiliki tanggung jawab yang tidak terbatas, sumber keuangan terbatas, kesulitan dalam manajemen atau dalam mengelola dan kelangsungan usahanya kurang terjamin sehingga perusahaan menanggung semua resiko tetapi  perusahaan perseorangan ini sifatnya rahasia. Sedangkan cara pengolahan manajemen perseroan terbatas sangat efisien, mudah memproleh tambahan modal, kelangsungan perusahaan sebagai badan hukum terjamin karena tidak tergantung orang lain, dan tanggung jawab terbatas dari pemegang saham terhadap utang-utang perusahaan tersebut. Perseroan terbatas mempunyai kelangsungan hidup yang panjang meskipun pemilik tersebut meninggal dunia.

Bentuk usaha koperasi cocok dengan Indonesia.
Para pendiri bangsa menyebut “usaha bersama” berdasarkan azas kekeluargaan sesuai dengan kemasyarakatan di Indonesia. Lalu, Bung Hatta menegaskan, bentuk usaha bersama itu adalah koperasi. Bung Hatta mengatakan bahwa koperasi punya persamaan dengan sistem sosial asli bangsa Indonesia, yakni kolektivisme. Masyarakat gotong-royong Bangsa Indonesia gemar tolong-menolong. Sementara koperasi juga menganut prinsip tolong-menolong itu. Koperasi juga bisa mendidik toleransi dan rasa tanggung-jawab bersama. Dengan demikian, kata Bung Hatta, koperasi bisa mendidik dan memperkuat demokrasi sebagai cita-cita bangsa. Lebih lanjut, Bung Hatta mengatakan, koperasi juga akan mendidik semangat percaya pada kekuatan sendiri (self help). Lebih penting lagi, kata Bung Hatta, koperasi bisa menempa ekonomi rakyat yang lemah agar menjadi kuat. Koperasi bisa merasionalkan perekonomian, yakni dengan mempersingkat jalan produksi ke konsumsi. Bagi Bung Hatta, koperasi merupakan senjata persekutuan si lemah untuk mempertahankan hidupnya.

Beberapa bentuk usaha yang maju saat ini bergerak dalam banyak komoditi, antara lain:
1. Online shop
Pembelian barang-barang melalui media social seperti twitter dan instagram sedang marak dibicarakan karena banyak kalangan masyarakat yang berbelanja melalui situs online pada saat ini.
2. Caffe/restoran
Tempat-tempat seperti caffe/restoran sekarang ini banyak dikunjungi oleh masyarakat untuk sekedar makan dan berbincang-bincang.
3. Kerajinan tangan
Pada saat ini banyak orang yang lebih mengembangkan bisnisnya melalui kerajinan tangan yang unik yang dapat disukai dan digemari oleh masyarakat. Contohnya saja kerajinan tangan dalam melukis model gambar disepatu wanita.
4. Tempat rekreasi
Untuk menghilangkan rasa penat dalam menjalani kegiatan sehari-hari banyak orang yang meluangkan waktunya untuk bisa berlibur ke tempat rekreasi, pada saat ini banyak tempat rekreasi yang unik dan dapat memanjakan mata pengunjungnya.
5. Kursus atau bimbingan belajar
Dengan adanya laju pendidikan yang pesat banyak siswa yang memilih untuk ikut kursus atau bimbingan belajar agar lebih pintar dan mudah dalam menerima pelajaran disekolah.
6. Warnet
Berkembangnya zaman seiring juga dengan berkembangnya teknologi, oleh karena itu warnet pada saat ini banyak digunakan oleh masyarakat untuk mencari informasi di internet bahkan terkadang banyak diantara mereka yang hanya bermain game online untuk menghilangkan rasa jenuhnya.
7. Laundry pakaian
Padatnya rutinitas disetiap harinya membuat seseorang terkadang melalaikan pekerjaan rumah seperti mencuci baju,adanya jasa pencucian baju atau biasanya disebut laundry ini meringankan beban seseorang dalam mengerjakan pekerjaan rumahnya.

Anggota Kelompok (1EB08):
1.     Junita Afriani (25214747)
2.      Iryani Dwijulianty (25214487)
3.      Patmawati (28214409)
4.      Dyaning Sukmorani (2D214188)

Sumber:


Komentar

Postingan populer dari blog ini

ANALISIS KELEBIHAN DAN KEKURANGAN IKLAN

ETIKA PROFESI AKUNTANSI